Home » » ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TEKANAN DARAH HEMODIALISIS PADA KLIEN GAGAL GINJAL KRONIK (STUDI KASUS DI RS TELOGOREJO SEMARANG)

ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TEKANAN DARAH HEMODIALISIS PADA KLIEN GAGAL GINJAL KRONIK (STUDI KASUS DI RS TELOGOREJO SEMARANG)

ABSTRAK: Gagal Ginjal Kronik (GGK) kini telah menjadi persoalan serius kesehatan masya­rakat di dunia. GGK sering menyebabkan berbagai komplikasi, salah satunya pada kardiovaskuler. Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskuler yang sering menyebabkan mortalitas pada klien GGK yang menjalani cuci darah (hemodialisis). Pada tahun 2010 di Indonesia terdapat sekitar 220.000 klien yang menjalani hemodialisis dan kemungkinan mortalitas akibat gangguan kardiovaskuler hampir 40%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap tekanan darah hemodialisis pada klien dengan gagal ginjal kronik di RS Telogorejo Semarang. Desain penelitian ini adalah explanatory, jumlah sampel 48 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara usia, jenis kelamin, penggunaan obat antihipertensi, dan UFR dengan tekanan darah klien yang menjalani hemodialisis (p>0,05). Sedangkan untuk riwayat keluarga, diet dan IDWG memiliki pengaruh yang signifikan dengan tekanan darah klien yang menjalani hemodialisis (p<0,05). Dari ketiga variabel yang signifikan tersebut yang mempunyai hubungan paling kuat adalah diet, dengan hasil B pada regresi logistik (B = 2.495). Rekomedasi hasil penelitian ini adalah diharapkan klien dapat memperhatikan diet baik makanan maupun minuman agar tidak terjadi pertambahan berat badan lebih dari yang diharapkan sehingga tidak terjadi komplikasi pada kardiovaskuler.
Kata Kunci: GGK, Tekanan Darah, Hemodialisis
Penulis: Rika Lolyta, Ismonah, Achmad Solechan
Kode Jurnal: jpkeperawatandd120036
Pesan jurnal yang anda butuhkan disini…!!! 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : E-JURNAL | PSYCHOLOGYMANIA
Copyright © September 2013. JURNAL - All Rights Reserved
Dipersembahkan untuk pembaca dan khalayak ramai
Proudly powered by Blogger