PERILAKU AGRESIF DITINJAU DARI PERSEPSI POLA ASUH AUTHORITARIAN, ASERTIVITAS DAN TAHAP PERKEMBANGAN REMAJA PADA ANAK BINAAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KUTOARJA JAWA TENGAH

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola asuh authoritarian, asertivitas dan tahap perkembangan remaja dengan perilaku agresi anak. Hipotesis yang diajukan (1) ada perbedaan perilaku agresif pada remaja awal dan remaja tengah, (2) ada hubungan psitif antara persepsi pola asuh authoritarian dengan perilaku agresif (3) ada hubungan negatif antara asertivitas dengan perilaku agresif.
Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat perbedaan agresif antara remaja awal dan remaja tengah, nilai F sebesar 0,443 (p> 0,05), jadi hipotesis pertama diterima. Hasil analisis hubungan antara Pola asuh authoritarian orangtua mempunyai hubungan positif yang sangat signifikan dengan agresi, nilai rxy= 0,370 taraf signifikansi p < 0,001, sumbangan efektif 13,5%, jadi  hipótesis kedua diterima. Hasil uji hipótesis ketiga didapatkan rxy 0,006 dengan taraf signifikansi  p > 0,05, jadi hipotesis ketiga ditolak.
Hasil penelitian Kualitatif: (a) Hasil observasi, hubungan pembina dengan anak binaan cukup baik, sesama anak binaan saling membantu. (b) Berdasar hasil  focus group discussion, ditemukan : (1) Setelah melakukan agresi merasa tenang, setelah tertangkap takut dan menyesal. (2) Ketika dimasukkan kedalam penjara dewasa mengerikan sering dipukuli dengan sesama napi, di LP Anak Kutoarjo lebih santai tidak ada yang memukul. Hasil wawancara ditemukan (1) tidak ada perbedaan perilaku agresi yang dilakukan anak usia 14 tahun (remaja awal) dan anak usia 17 tahun (remaja tengah), (2) hubungan antara anak dengan orangtua  pada dasarnya baik peran ayah dan ibu cenderung authoritatif akan tetapi ada ayah yang authoritarian. (3) anak binaan cenderung mempunyai asertivitas pasif, mereka lebih banyak menyelesaikan persoalan dengan kekuatan fisik, dan mudah terbawa emosi.
Kata kunci: agresif, pola asuh, asertivitas, tahap perkembangan remaja
Penulis: S. Hafsah Budi A
Kode Jurnal: jppsikologiperkembangandd090002

Artikel Terkait :