Perbedaan Kepemimpinan dengan Manejemen

Ada perbedaan kepemimpinan dengan manajemen. Pada hakekatnya kepemimpinan mempunyai pengertian yang agak luas dibandingkan dengan menejemen. Menejemen merupakan jenis pemikiran yang khusus dari kepemimpinan di dalam usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan kepemimpinan bisa saja karena berusaha mencapai tujuan organisasi atau kelompok, dan bisa saja sama atau selaras atau tidak selaras dengan tujuan organisasi.
Menurut Miftah Thoha (2010) menejemen adalah sebuah proses pencapaian organisasi lewat usaha orang-orang lain. Dalam menejemen terdapat suatu aturan dan tata krama tertentu, sehingga kepemimpinan dalam menejemen akan diatur sesuai ketentuan yang berlaku. Seseorang yang mengatur menejemen biasa disebut menejer. Menejer menduduki jabatan sruktural melalui seleksi dan periode masa jabatan yang sudah diatur dalam organisasi.
Menurut Sudarwan Danim (2004) kepemimpinan adalah setiap perbuatan yang dilakukan oleh individu atau kelompok untuk mengkoordinasi dan memberi arah kepada individu atau kelompok yang tergabung di dalam wadah tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam kepemimpinan tidak dibatasi oleh aturanaturan dan tata krama dalam suatu organisasi. Kepemimpinan bisa terjadi dimana saja, asalkan orang tersebut dapat menunjukkan kemampuannya dalam mempengaruhi orang lain atau kelompok tertentu untuk mencapai tujuan tertentu. Seseorang yang bisa mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu bisa di sebut dengan pemimpin.
Dari pendapat di atas dapat disimpulkan seorang menejer dapat saja berperilaku sebagai seorang pemimpin, asalkan dia mampu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tetapi seorang pemimpin belum tentu harus menjabat sebagai menejer jika ingin mempengaruhi orang lain. Jadi seorang pemimpin belum tentu menejer, tetapi seorang menejer bisa saja berperilaku sebagai pemimpin.

Artikel Terkait :