Pengertian Manga

Pengertian manga adalah komik (cerita) dalam bahasa Jepang. Manga (baca: man-ga, atau ma-ng-ga) merupakan kata komik dalam bahasa jepang; diluar Jepang kata tersebut digunakan khusus untuk membicarakan tentang komik Jepang. Mangaka (baca: man-ga-ka, atau ma-ng-ga-ka) adalah profesi orang yang menggambar manga.
Berbeda dengan komik Amerika, manga biasanya dibaca dari kanan ke kiri, sesuai dengan arah tulisan kanji Jepang. Majalah-majalah manga di jepang biasanya terdiri dari beberapa judul komik yang masing-masing mengisi sekitar 30-40 halaman majalah itu (satu chapter/bab). Majalah-majalah tesebut sendiri biasanya mempunyai tebal berkisar antara 200 hingga 850 halaman.
Sebuah judul manga yang sukses dapat terbit hingga bertahun-tahun seperti Jojo no Kimyou na booken/ Jojo’s Bizzare Adventure/ misi rahasia. Umumnya judul-judul yang sukses dapat diangkat untuk dijadikan dalam bentuk animasi (atau sekarang lebih dikenal dengan istilah ANIME), ontohnya adalah seperti Naruto, Bleach, dan One piece. Beberapa manga cerita aslinya biasa diangkat berdasarkan dari novel/visual novel, contohnya adalah ‘Basiliks” (tidak beredar di Indonesia) berdasarkan dari novel Kooga Ninpoochou oleh Futaro Yamada, yang menceritakan pertarungan antara klaim ninja Tsubagakure Iga dan klan ninja Manjidani Koga. Ada juga yang mengangkat dari cerita sejarah, seperti sejarah Tiga Kerajaan (The Three Kingdom) seperti Legenda Naga (Ryuuroden) dan sejarah-sejarah Jepang, kadang ada yang memakai nama yang benar-benar ada, ada juga yang memakai tokoh fiktif.
Setelah beberapa lama, cerita-cerita dari majalah itu akan dikumpulkan dan dicetak dalam bentuk buku berukuran biasa, yang disebut Tankoobon ( atau kadang dikenal dengan sebagai istilah volume). Komik dalam benntuk ini  biasanya dicetak diatas kertas berkualitas tinggi dan berguna untuk orang-orang yang tidak atu malas membeli majalah-majalah manga yang terbit mingguan yang memiliki beragam campuran cerita/judul. Dari bentuk tankoobon inilah biasanya manga diterjemahkan kedalam bahaasa-bahasa lain di negara-negara lain seperti Indonesia.
Untuk beberapa judul (yang sukses) bahkan telah/akan dibuat versi manusia (Live Action, atau kadang disingkat sebagai L.A. di Jepang), beberapa judul yang telah diangkat menjadi Live Action contohnya adalah manga berjudul Death Note, Detektif Conan, GeGeGe no Kintaro, Cutie Honie, Casshern, DevilMan, Saigake!! Otokuju dan lain-lain. 
Lebih lanjut sebagian judul juga akan dibuat remake kembali secara internasional oleh produsen di luar Negara Jepang, seperti Amerika, yang membuat film Live Action Dragon Ball versi Hollywood (20’th Century  fox), dan kabarnya juga akan dibuat versi live action dari Death Note oleh pihak produser barat.

Artikel Terkait :